Sosialisasi Sistem Informasi dan Data Base BNSP-LSP

Dari kanan (Kabag Sertifikasi dan Informasi BNSP, Darmawangsa; Narasumber, Mustafa,ST., MM., M.Ikom). Doc.LSPP1UMB

Tanggal 13 November 2018, BNSP (Badan Nasional Sertifikasi profesi) mengundang sebanyak 111 LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) di daerah Jabodetabek untuk mengikuti Sosialisasi Sistem Informasi dan Data Base BNSP-LSP. Sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Harper, sejak pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB diikuti mulai dari LSP P1, LSP P2 dan LSP P3. Kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak BNSP sebagai bentuk keseriusan BNSP untuk mengembangkan dan merealisasikan penggunaan akun BNSP sebagai basic pelayanan, seperti yang diungkapkan Darmawangsa, Kabag Sertifikasi dan Informasi BNSP yang membuka acara sosialisasi. “Tahun depan akan ada validasi data di akun BNSP-LSP”, tambah Darmawangsa, saat menjelaskan akun BNSP pada tahun ini masih belum bisa divalidasi.

Dalam sosialisasi kali ini, narasumber BNSP diisi oleh Mustafa, ST., MM., M.Ikom yang merupakan pihak yang bersama BNSP berinisiatif untuk membuat akun BNSP. Beliau memberikan materi Sosialisasi Pengembangan dan Implementasi Sistem Informasi BNSP yang menjelaskan gambaran umum diadakannya akun Web BNSP-LSP dan pelaksanaannya oleh BNSP dan LSP. Menurut Mustafa, kemungkinan kedepannya BNSP akan melakukan kegiatannya via Akun BNSP-LSP, bahkan nantinya Surveilance tidak perlu mengirimkan berkas ke BNSP, namun bisa melihat dari akun BNSP-LSP. Data-data di akun tersebut pun, nantinya akan direncanakan oleh pihak BNSP agar terintegrasi dengan SISNAKER dan pihak pemerintah yang berkepentingan lainnya.

Peserta Sosialisasi BNSP-LSP[doc.LSPP1UMB]
Selain diberikan penjelasan umum, BNSP membawa tim yang membangun server BNSP untuk mempraktekkan secara langsung pengisian dan data-data didalam akun dan beberapa permasalahan yang mungkin belum ditemukan sehingga dapat menjadi catatan untuk tim IT BNSP. Hal ini dilaksanakan, salah satunya sebagai cara mempermudah bagi LSP untuk melakukan permintaan blanko yang dilakukan dari akun tanpa mendatangi ke BNSP lagi sehingga lebih efisien. Begitu pula bagi BNSP juga meningkatkan efisiensi kinerjanya.

Walaupun pada tahun 2018 ini fitur utama dalam web BNSP masih sederhana, namun Plan 2019 BNSP akan melakukan validasi semua data, sehingga jika ada pemalsuan, BNSP dapat mengingatkan kepada LSP atau bahkan memberikan sanksi, karena data base dalam akun web menjadi dasar pengambilan data BNSP sebagai bentuk tanggung jawab pemberian sertifikat kompetensi yang akan dilaporkan setiap bulannya kepada Kemenaker dan staff kepresidenan.(lspmercubuana@mercubuana.ac.id)

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>