Leader Talk : Strategi Membangun Reputasi dalam Dunia Perbankan

Dari kanan ke kiri (Dr. Irmulansati T., M.Si ; Ponco Budi Sulistyo,M.Comm., Ph.D ; Dr. Ir. H. Ahmad Irfan, SH., MBA., MM., MH., CWM., CPD ; Dr. Heri Budianto, M.Si ). doc.LSPP1UMB

Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) bersama dengan Bank Jabar Banten (bjb) bersinergi membuat leader talk untuk mahasiswa Komunikasi dengan tema Strategi Membangun Reputasi dalam Dunia Perbankan. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Rektorat Lantai 2 Universitas Mercu Buana tanggal 19 November 2018 mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB dengan diikuti oleh mahasiswa ilmu komunikasi. Pelaksanaan seminar ini diawali dengan pembukaan dari Wakil Dekan Fakultas FIKOM, A.Rahman, M.Si dilanjutkan sambutan dari Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Ngadino Surip, MS. Moderator Leader Talk oleh Ponco Budi Sulistyo,M.Comm., Ph.D. Dan ada 2 (dua) penelaah yaitu Dr. Irmulansati T., M.Si (Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 UMB) dan Dr. Heri Budianto, M.Si (Dekan FIKOM UMB Yogjakarta). Untuk narasumber diisi oleh President Director of Bank Bjb, Dr. Ir. H. Ahmad Irfan, SH., MBA., MM., MH., CWM., CPD.

Dalam pemaparan narasumber menjelaskan bahwa dalam membangun reputasi dibutuhkan strategi. Strategi internal dan eksternal. Begitu juga dengan bjb yang telah mengalami krisis di tahun 2013 bisa bangkit kembali dengan dilaksanakannya strategi ini. Contoh dalam strategi internal di bank bjb yaitu strategi dengan berbasis kinerja dengan memperbaiki cara menaikkan jabatan yang sebelumnya dengan cara melobi dan pendekatan dengan pihak tertentu, membuat jargon untuk memotivasi karyawan, melakukan perekrutan karyawan dengan melihat dari sisi pendidikan dan pengalaman, perbaikan infrastruktur teknologi informasi dan yang paling unggul dalam bank bjb adalah service excellent. Contoh dalam strategi eksternal adalah membangun komunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan, seperti dengan pemerintah dan stakeholder.

Setelah pemaparan dari narumber, moderator mearahkan untuk pemaparan penelaah. Diawali oleh Dr. Irmulansati, M.Si, menjelaskan bahwa dalam pemaparan dari narasumber berkaitan dengan sisi employee berupa komunikasi budaya dan dari sisi government yaiut adanya komunikasi dengan dengan stakeholder dan komunikasi dengan pemerintah daerah hingga pusat. Disisi lain, Dr. Irmulansati, M.Si memberikan apresiasi kepada narasumber dengan memberikan spirit leadership kepada karyawannya. Sekaligus untuk meningkatkan reputasi dengan meningkatkan komunikasi, kinerja dan attitude.

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi.(doc.LSPP1UMB)

Pemaparan penelaah kedua disampaikan oleh Dr. Heri Budianto, M.Si, menegaskan bahwa keberhasilan bank bjb tidak lepas dari Fokus dalam pekerjaan. Fokus kepada tujuan untuk lepas dari krisis. Disisi lain, Dr. Heri Budianto, M.Si melihat dari sisi politik, bahwa bank bjb mampu menjaga hubungan dengan pemerintah dengan berbagai pergantian dan gejolak politik.

Diharapkan mahasiswa yang mengikuti kegiatan Leader Talk ini bisa menjadi pembelajaran untuk di dunia kerja nanti supaya dapat memberikan reputasi yang baik bagi perusahaan yang dinaungi. Itulah sebabnya pihak Fakultas Ilmu Komunikasi mengarahkan yang mengikuti acara ini adalah mahasiswa yang menuju semester akhir.(lspmercubuana@mercubuana.ac.id)

0 Comments

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>