PROFIL LSP P1 UMB
Sebelum menjadi LSP P1Univeritas Mercubuana yang melinggkupi semua skema di Univeristas Mercu Buana, sebelumnya dilahirkan dari Fakultas Ilmu Komunikasi (LSP UMB-Fikom). LSP UMB-Fikom didirikan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi di lingkungan Universitas Mercu Buana memiliki komitmen mendukung proses sertifikasi profesi bagi mahasiswa yang diamanatkan oleh BNSP. LSP UMB-Fikom bertujuan untuk melakukan sertifikasi sumber daya manusia pada sektor Kelompok Informatika dan Komunikasi, secara khusus bidang Kehumasan.
LSP UMB-Fikom bertempat di Universitas Mercu Buana, dengan alamat Jl. Meruya Selatan No.01, Kembangan Jakarta Barat 11650, memerlukan pendukung dari berbagai pemangku kepentingan. Pemangku kepentingan tersebut adalah pihak-pihak internal yaitu seluruh kelompok maupun individu yang berada di dalam lingkup Universitas Mercu Buana.
Selain pihak internal pemangku kepentingan LSP UMB-Fikom ini adalah pihak eksternal yang meliputi pemerintah, sektor swasta, perguruan tinggi, media, organisasi profesi, calon peserta uji kompetensi, hingga pihak – pihak yang secara aktif memiliki keperdulian terhadap aktifitas sertifikasi profesi.
Sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi di wilayah sebuah perguruan tinggi, ditunjuk dan ditetapkan oleh SK Rektor No.: 01/273/B-Skep/IV/2015 tanggal 1 April 2015. maka LSP UMB-Fikom memiliki peluang menyelenggarakan uji kompetensi dengan sarana dan prasarana yang dimiliki Universitas Mercu Buana di luar kegiatan perkuliahan dan atau penjadwalan penggunaan tempat disesuaikan. Sarana dan prasarana utama berupa simulasi tempat kerja dan perlengkapannya, hingga sarana dan prasarana pendukung lain seperti tempat parkir, tempat ibadah dan fasilitas umum yang berada di lingkungan universitas.
LSP UMB-Fikom bertugas mengembangkan standar kompetensi, melaksanakan uji kompetensi, menerbitkan sertifikat kompetensi serta melakukan sertifikasi tempat uji kompetensi. Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, LSP UMB-Fikom mengacu kepada Pedoman yang dikeluarkan BNSP. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang harus ditaati untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan prosedur sertifikasi kepada pihak ketiga secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan.
LSP UMB-Fikom dalam menjalankan aktifitasnya berada di bawah dan tentunya bernaung di dalam lingkungan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana. Berdasarkan hal tersebut maka apa yang dilakukan oleh LSP UMB-Fikom adalah pengejawantahan dari Visi dan MISI induknya yaitu Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana.

Saat ini LSP P1 UMB sudah memiliki ruangan sendiri bertempat di kampus merya Gedung C101a. Keberadaan LSP P1 UMB mulai diawali dengan uji kompetensi untuk skema humas junior dan saat ini sudah dapat dilaksanakan 11 skema lainnya. yaitu skema humas madya, skema asisten produser televisi, skema teknisi akuntansi ahli, skema akuntansi madya, skema arsitek interior, skema perancangan sistem manufaktur, skema perancangan produk dan proses manufaktur, skema ahli perencanaan jaringan drainase, skema manajer teknik pembangunan jalan rel, skema ahli rekaysa konstruksi bangunan gedung, skema ahli kontrak kerja konstruksi.

Pelaksanaan humas junior saat ini diwajibkan bagi mahasiswa s1 public relation atas arahan dari program studi. Dan LSP P1 UMB diberikan kesempatan untuk memberikan sertifikasi kepada mahasiswa untuk siap di dunia kerja. Mulai bulan Agustus 2018 LSP diberikan SK Rektor No. 01/012/B-/VIII/2018 Tentang Pemenuhan Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikat Profesi Mahasiswa, Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Mercu Buana.